Tidur dengan Baju yang Dipakai Seharian, Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Berita336 Dilihat

CANTIKA.COM, Jakarta – Apakah kamu pernah tidur dengan baju yang dipakai seharian? Jika iya, berusahalah hal itu tak terulang lagi di masa mendatang. Sebab masalah kesehatan siap mengintai Anda. Ya, kuman, bakteri, dan kotoran yang menempel di pakaian berpotensi membuat Anda sakit. Risiko itu tetap terjadi sekalipun Anda berada di lingkungan bersih seperti rumah sakit atau klinik ataupun baju Anda tampak bersih, menurut Nikhil Bhayani, dokter penyakit menular di Texas Health Resources di Bedford, Texas, Amerika Serikat.

Ingatlah, mikroba seperti Salmonella, E. coli, dan Staphylococcus bisa menempel pada kain dalam beberapa waktu. Menurut penelitian pada Mei 2020 yang diterbitkan dalam jurnal ‌GMS Hygiene and Infection Control‌, bakteri-bakteri tersebut bisa bertahan sekitar 90 hari di kapas, dan lebih dari 200 hari untuk poliester. Dari situ, bakteri bisa berpindah langsung ke kulit Anda.

Setelah itu terjadi, ada kemungkinan bakteri dapat menginfeksi dan membuat Anda sakit, terutama jika Anda mengenakan baju yang dipakai seharian saat tidur.

“Bakteri tersebut juga dapat berpindah ke seprai Anda dan berkembang biak dari sana, mengubah tempat tidur Anda menjadi tempat pembuangan kuman. Risiko infeksi lebih tinggi jika Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah,” kata Dr. Bhayani, dikutip dari laman LiveStrong. Namun pada akhirnya, siapa pun bisa sakit karena tidur dengan pakaian kotor.

Dan jika ini semua terdengar agak dibuat-buat, pertimbangkan fakta bahwa mengibaskan cucian kotor saja dapat menghasilkan aerosol sarat kuman yang dapat menularkan penyakit, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika atau CDC. Apalagi tidur dengan baju yang dipakai seharian, bisa dibayangkan?

Penyakit menular bukan satu-satunya perhatian di sini. Jika Anda memiliki alergi musiman, serbuk sari yang menempel pada pakaian Anda saat Anda berada di luar rumah dapat memicu gejala, mengganggu kualitas tidur atau membuat Anda pengap dan sesak di pagi hari.

Baca Juga  Band Pegadaian Raih Juara 3 di Ajang BUMN Fest 2023

Itulah alasan mengapa ahli alergi, termasuk yang ada di American College of Allergy, Asthma, & Immunology, selalu merekomendasikan melepas pakaian dari luar rumah dan mandi segera setelah Anda masuk saat jumlah serbuk sari tinggi.

Jadi kesimpulannya, tidur dengan baju yang dipakai seharian  dapat meningkatkan paparan kuman penyebab penyakit dan berpotensi membuat Anda sakit. Dan jika Anda memiliki alergi, ada kemungkinan Anda akan melihat gejala Anda kambuh saat Anda mencoba untuk tidur sebentar. Jadi, luangkan waktu mengganti dengan pakaian bersih atau tanpa busana jika itu lebih mudah bagi Anda.

Pilihan Editor: Agar Tidur Nyenyak, Lakukan 10 Hal Ini

LIVESTRONG

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *