Suku Bunga Acuan BI Diproyeksi Turun, Begini Analisanya

Berita345 Dilihat

Kamis, 10 Agustus 2023 – 14:18 WIB

Jakarta – Citi Indonesia memperkirakan, Bank Indonesia (BI) akan menurunkan suku bunga kebijakannya yang saat ini ada di 5,75 persen. Sebab menurutnya, suku bunga riil Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di antara negara-negara Asia lainnya.

Baca Juga :

Pemerintah Siapkan Insentif Menarik untuk Eksportir yang Parkir DHE di Dalam Negeri

Chief Economist Citi Indonesia Helmi Arman mengatakan, di Asia suku bunga riil Indonesia menjadi salah satu yang paling tinggi di atas 300 basis poin (bps). Dalam hal ini jika diambil rata-rata, suku bunga riil Indonesia terhadap inflasi inti ada di kisaran 200 bps.

“Maka itu kami melihat, kalau dilihat dari sisi inflasi dan suku bunga riil ada ruang untuk penurunan suku bunga BI,” kata Helmi dalam acara Pemaparan Ekonomi dan Kinerja Keuangan di Fairmont, Jakarta, Kamis 10 Agustus 2023.

Baca Juga :

Bos BI Wanti-wanti Masyarakat Tak FOMO dan Pansos saat Investasi

Ketua Perbina yang juga CEO Citibank Indonesia, Batara Sianturi.

Ketua Perbina yang juga CEO Citibank Indonesia, Batara Sianturi.

Kendati demikian, Helmi menilai penurunan suku bunga BI masih terdapat beberapa ganjalan. Di mana untuk saat ini yaitu neraca pembayaran yang masih ada dalam ketidakpastian.

Baca Juga :

Misbakhun Ajak Pelaku UMKM Membiasakan Bertransaksi Menggunakan QRIS

“Cuman yang masih menjadi ganjalan saat ini adalah outlook neraca pembayaran Indonesia, yang masih menghadapi ketidakpastian terkait tren global capital flow,” jelas dia.

Helmi melanjutkan, suku bunga riil yang tinggi tidak hanya terjadi di Indonesia. Namun, itu juga terjadi di negara emerging market lainnya seperti Brasil dan Chili.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *