Sri Mulyani hingga Bos BI Bertemu Para Eksportir, Wanti-wanti soal Ini

Berita350 Dilihat

Selasa, 1 Agustus 2023 – 10:02 WIB

Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, dirinya baru saja bertemu dengan para eksportir dan perwakilan pelaku usaha dari sektor Sumber Daya Alam (SDA). Pada pertemuan itu salah satunya dijelaskan, sanksi yang akan diberikan kepada eksportir bila tidak memarkirkan Devisa Hasil Ekspor (DHE) di dalam negeri.

Baca Juga :

OJK Beberkan Modus Terbaru Pinjol Ilegal

Pada pertemuan itu juga turut dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK  Dian Ediana Rae.

“Kami jelaskan kembali mengenai dasar adanya PP No.36 ini. Bagian saya, saya kembali menjelaskan aturan turunannya yaitu KMK No. 272 Tahun 2023 tentang Penetapan Jenis Barang Ekspor SDA yang wajib DHE, serta PMK Nomor 73 Tahun 2023 tentang Pengenaan dan Pencabutan Sanksi Administratif atas Pelanggaran DHE SDA,” kata Sri Mulyani lewat Instagramnya @smindrawati Selasa, 1 Agustus 2023.

Baca Juga :

Sri Mulyani Ngaku Deg-degan Soal Janji Jokowi Buat Dana Abadi Perguruan Tinggi

Pada pertemuan itu, Sri Mulyani juga menyampaikan bahwa dampak PP 36/2023 ini cukup besar terhadap likuiditas valas.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Baca Juga :

Kredit Perbankan Juni 2023 Tumbuh 7,76 Persen, Bank BUMN Terbesar

“Dengan total nilai ekspor SDA tahun 2023 diperkirakan US$175 milar (93 persennya berpotensi memiliki PPE ekuivalen atau lebih dari US$250.000). Maka potensi nilai ekspor yang wajib retensi adalah sekitar US$40-49 miliar,” jelasnya.

Adapun dengan ketentuan retensi selama 3 bulan jelas dia, maka itu berpotensi menambah likuiditas valas per tahun sebesar US$10-US$12 miliar.

“Ini akan membantu negara kita memiliki cadangan devisa yang lebih baik!” tegasnya.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *