PLN Ungkap Transisi Energi RI Sampai 2040 Butuh Pendanaan hingga US$130 Miliar

Berita316 Dilihat

Selasa, 15 Agustus 2023 – 13:46 WIB

Jakarta – PT PLN (Persero) memberikan perhatian khusus pada pendanaan transisi energi di Tanah Air. Executive Vice President (EVP) Perencanaan Sistem Ketenagalistrikan PLN, Warsono mengatakan, pihaknya telah merancang sejumlah skenario transisi energi yang bisa dilakukan.

Baca Juga :

Kado Kemerdekaan, PLN Terangi 14 Desa dan 14 Dusun di NTT

Meski demikian, ia mengungkapkan bahwa transisi energi  butuh pendanaan atau modal yang sangat besar yang diperkirakan mencapai kisaran US$50-US$130 miliar sampai tahun 2040. Dengan adanya dana Just Energy Transition Partnership (JETP) yang akan memberikan potensi pembiayaan US$20 miliar, maka masih ada kekuarangan.

“Dengan potensi pendanaan dari JETP sebesar US$20 miliar, maka masih ada kekurangan kebutuhan pendanaan sebesar US$30-US$110 miliar sampai tahun 2040,” kata Warsono dalam telekonferensi di webinar DETalk, ‘Energi Nasional Terus Melaju untuk Indonesia Maju’, Selasa, 15 Agustus 2023.

Baca Juga :

Saran Yusril Buat Prabowo: Pilih Cawapres Bukan karena Hanya Faktor Pendanaan Besar

Warsono pun menegaskan bahwa proses transisi energi memang membutuhkan anggaran yang cukup besar, terutama dari sisi belanja modal atau capital expenditure (capex). Pendanaan ini juga menjadi ‘concern’ bagi PLN untuk mencari pembiayaan yang lebih murah. Selain itu, juga pendanaan yang  memiliki dampak yang rendah terhadap affordabilitas masyarakat.

Baca Juga :

Program Perahu Listrik Ganjar Dinilai Layak Diterapkan Secara Nasional

“Jadi concern utama bagi kami adalah terkait bagaimana penyediaan pendanaannya,” kata Warsono.

Dia mengatakan, setiap skenario pembiayaan transisi energi tersebut tentunya juga memiliki kekurangan dan kelebihan. Sehingga, PLN sendiri, menurut Warsono harus bisa benar-benar memilah mitranya masing-masing, untuk menentukan mitra mana yang bisa memfasilitasi PLN untuk mendapatkan pendanaan bagi proses transisi energi tersebut.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *