Perkuat Regulasi, Kemenhub Genjot Upaya Penataan Ekosistem Logistik Nasional

Berita333 Dilihat

Selasa, 15 Agustus 2023 – 17:50 WIB

Jakarta – Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menegaskan komitmen penguatan regulasi dalam hal penataan ekosistem logistik nasional. Hal itu dilakukan melalui penerbitan beberapa Peraturan Menteri, serta peraturan turunan terkait lainnya.

Baca Juga :

Ganjar ke Kades: Jaga Persatuan Lewat Pelayanan Merata dan Tidak Membedakan

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Capt. Antoni Arif Priadi menjelaskan, hal itu terkait dengan telah ditetapkannya Instruksi Presiden RI Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional.

“Penguatan regulasi ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan yang transparan dan akuntabel di pelabuhan. Dengan pembaruan regulasi dan sistem Inaportnet, maka diperlukan koordinasi yang berkesinambungan untuk pelayanan prima di pelabuhan,” kata Capt. Antoni dalam keterangannya, Selasa, 15 Agustus 2023.

Baca Juga :

Lantik 29 Ribu PPPK, Menag Yaqut Ingatkan Tak Intoleran dalam Beri Pelayanan

Koordinasi nasional Inaportnet.

Koordinasi nasional Inaportnet.

Dia mengatakan, sampai Agustus 2023, sebanyak 149 pelabuhan telah menerapkan digitalisasi pelayanan kepelabuhanan, atau yang dikenal dengan Inaportnet, sebagai pintu masuk awal arus logistik di pelabuhan.

Baca Juga :

Puluhan Kapal di Pelabuhan Kota Tegal Terbakar 

“Kemenhub menargetkan, sampai dengan akhir tahun 2023 terpenuhi target 260 pelabuhan,” ujarnya.

Capt. Antoni menegaskan, implementasinya Inaportnet di pelabuhan merupakan langkah keseriusan Kementerian Perhubungan, dalam melakukan pembenahan pelayanan di pelabuhan.

Halaman Selanjutnya

“Serta merupakan upaya kolaborasi dengan Kementerian/Lembaga terkait di pelabuhan melalui digitalisasi,” kata Capt. Antoni.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Wow! Tabungan Orang Kaya di Atas Rp 5 Miliar Tembus Rp 4.241 Triliun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *