Pemerintah Siapkan Insentif Menarik untuk Eksportir yang Parkir DHE di Dalam Negeri

Berita325 Dilihat

Senin, 14 Agustus 2023 – 18:16 WIB

Jakarta – Pemerintah bakal memberikan insentif menarik bagi para eksportir yang memarkirkan Devisa Hasil Ekspor (DHE) di dalam negeri. Besaran terkait insentif tersebut kini tengah digodok oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Baca Juga :

Momen Para Menteri Duduk Ndeprok Sambil Nikmati Kopi di Tangga Istana Negara

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, insentif bagi eksportir itu sebelumnya sudah diatur pada Peraturan Pemerintah nomor 123/2015. Insentif yang diatur itu salah satunya Pajak Pertambahan Nilai (PPH) atas bunga deposito valas.

“RPP (Rancangan Peraturan Pemerintah) perubahan untuk PP 123/2015 dibahas di Kementerian Keuangan dan besarannya juga masih di finalisasi, yang jelas sih kemarin Bu Menkeu sampaikan insentif akan lebih menarik lagi,” kata Susi di Kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Senin, 14 Agustus 2023.

Baca Juga :

Morris Garage: Mobil Listrik Bukan Pilihan

Sekretaris Menko Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso.

Sekretaris Menko Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso.

Menurutnya, insentif yang akan diberikan Pemerintah kepada para eksportir akan lebih kompetitif. Baik dari sisi insentif besaran bunga hingga PPh.

Baca Juga :

Target Pertumbuhan Ekonomi 2024 Melambat, Ini Penjelasan Sri Mulyani

“Jadi ini akan lebih kompetitif baik dari sisi insentif besaran bunga, dan juga insentif terkait PPh atas bunga deposito dan semua instrumen,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menebar insentif kepada eksportir yang menempatkan DHE Sumber Daya Alam (SDA) di dalam negeri. Hal itu tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) 36 tahun 2023 tentang DHE.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *