Pemerintah Siapkan Anggaran KUR Alsintan Rp 5 Miliar untuk Petani Hadapi El Nino

Berita335 Dilihat

Rabu, 9 Agustus 2023 – 16:26 WIB

Jakarta – Pemerintah bakal menyiapkan bantuan kepada petani atas adanya fenomena El Nino atau kemarau panjang, berupa Kredit Usaha Rakyat (KUR) Alat dan mesin pertanian (Alsintan). Pemerintah pusat dalam hal ini menyiapkan anggaran sebesar Rp 5 miliar. 

Baca Juga :

Airlangga Buka Suara Wacana Gibran Jadi Cawapres Prabowo: The Last Chapter

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam Penganugerahan KUR Award, yang di hadiri oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. 

“KUR alsintan bagi kelompok pertanian sudah kita siapkan, apalagi presiden tadi memberikan tanggapan menghadapi El Nino yang panjang. Sehingga pak gubernur kita siapkan sampai Rp 5 miliar untuk kelompok tani,” kata Airlangga di Pos Bloc, Jakarta Rabu, 9 Agustus 2023.

Baca Juga :

LSI Denny JA: Duet dengan Airlangga Buat Prabowo Lebih Unggul Dibanding Bareng Cak Imin

Pemprov Jateng Siapkan Cadangan Pangan Guna Antisipasi El Nino

Pemprov Jateng Siapkan Cadangan Pangan Guna Antisipasi El Nino

Airlangga mengatakan, dengan akan adanya bantuan KUR alsintan itu diharapkan para pemimpin daerahnya untuk mendorong ketersedian pangan di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga :

9 Kecamatan di Tangerang Diprediksi Mengalami Kekeringan Dampak dari El Nino

“Pak Wagub ini bisa di dorong, terutama wilayah Lampung Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sukses menjadi lumbung beras nasional,” kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kementerian dan lembaga pemerintah mengantisipasi dampak El Nino, termasuk kemungkinan terjadi kemarau panjang yang menyebabkan kekeringan dan mempengaruhi perekonomian nasional.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *