Pembangunan Bandara Rokot Mentawai Rampung, Menhub: Siap Operasi Tahun 2023

Berita332 Dilihat

Minggu, 13 Agustus 2023 – 22:45 WIB

Jakarta – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, meninjau progres pembangunan bandara baru di Pulau Mentawai, Sumatera Barat, yang merupakan salah satu pulau di daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP).

Baca Juga :

Netizen Merinding Melihat Perbandingan Langit di Jakarta dan Langit Bali

Menurut dia, Bandara Rokot Mentawai dibangun untuk menggantikan bandara lama yaitu Bandara Rokot Sipora, yang sudah tidak memungkinkan dikembangkan lagi, karena dibatasi laut lepas.

“Saya menjalankan arahan Bapak Presiden Jokowi untuk mengawal kegiatan konektivitas, khususnya di daerah 3TP seperti Mentawai, terjaga dengan baik. Tidak hanya selesai membangun infrastrukturnya, tetapi memastikannya dapat dimanfaatkan dengan baik,” kata Budi Karya dalam keterangannya, pada Minggu, 13 Agustus 2023.

Baca Juga :

Polisi Australia Tahan Seorang Pria atas Ancaman Bom di Malaysia Airlines, Terancam 10 Tahun Penjara

Menhub Budi Karya Sumadi Diperiksa KPK

Menhub Budi Karya Sumadi Diperiksa KPK

Budi mengungkapkan, Bandara Baru Rokot Mentawai baru saja diselesaikan, dan sedang menunggu proses penerbitan Sertifikat Bandar Udara. Dia memastikan, Bandara baru ini siap dioperasikan tahun 2023. “Kemungkinan bulan depan bapak Presiden akan datang ke sini,” ujarnya.

Baca Juga :

Malaysia Airlines Putar Balik di Australia karena Insiden Darurat

Bandara Mentawai yang baru memiliki panjang runway 1.500 x 30 meter, sehingga dapat dilandasi pesawat yang lebih besar, yaitu ATR 72-600 berkapasitas maksimal 78 penumpang. Sebelumnya, bandara yang lama hanya bisa dilandasi pesawat Cessna Grand Caravan berkapasitas 12 orang dengan panjang runway 850 x 23 meter.

Dengan kapasitas pesawat yang meningkat dari 12 menjadi 78 orang per sekali penerbangan, Budi berharap kehadiran bandara baru dapat meningkatkan jumlah pengunjung, khususnya wisatawan untuk datang ke Mentawai.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *