Menguat Rabu Pagi, Rupiah Masih Berpotensi Loyo Akibat Sentimen Negatif China dan AS

Berita331 Dilihat

Rabu, 9 Agustus 2023 – 10:11 WIB

Jakarta – Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot menguat pada perdagangan Rabu pagi, 9 Agustus 2023. Rupiah menguat sebesar 10 poin atau 0,03 persen ke posisi Rp 15.207 per dolar AS, dibandingkan pada penutupan sebelumnya senilai Rp 15.217 per dolar AS.

Baca Juga :

Niat Ingin Bersantai Sejenak, Rambut Seorang Wanita di China Tergulung di Kursi Pijat

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) terakhir atau kemarin sore, rupiah di angka Rp 15.229 per dolar AS.

Analis PT Sinarmas Futures Ariston Tjendra memperkirakan, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan bergerak melemah pada hari ini. Sebab, sentimen negatif masih membayangi pergerakan rupiah seperti data neraca perdagangan China. 

Baca Juga :

China Murka Salah Satu Warganya Jadi Mata-Mata CIA

“Data neraca perdagangan China yang mengindikasikan pelambatan aktivitas ekonomi di China. Dan masih adanya potensi kenaikan suku bunga acuan AS dengan data tenaga kerja AS yang terlihat masih cukup solid,” kata Ariston kepada VIVA, Rabu, 9 Agustus 2023. 

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta

Pekerja menunjukkan uang Rupiah dan Dolar Amerika Serikat di sebuah tempat penukaran uang di Jakarta

Photo :

  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Baca Juga :

Melemah Pagi Ini, Rupiah Berpotensi Balik Menguat Terdorong Data Ekonomi AS

Namun kata Ariston, data inflasi konsumen China bulan Juli menunjukkan sedikit perbaikan dibandingkan bulan sebelumnya. Hal itu dapat memberikan sentimen positif ke pasar pagi ini, dan diperkirakan akan menahan pelemahan rupiah terhadap dolar AS.

Ariston menuturkan, untuk saat ini pelaku pasar masih menunggu data penting yaitu data inflasi konsumen AS yang akan dirilis Kamis malam. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *