Lebih Besar dari Depo Plumpang, Intip Pembangunan Terminal Energi Pertamina di Kalibaru

Berita344 Dilihat

Selasa, 8 Agustus 2023 – 20:52 WIB

Jakarta – PT Pertamina (Persero) akan membangun terminal energi ramah lingkungan dan tercanggih di Indonesia, yang disebut sebagai ‘Jakarta Integrated Green Terminal’, di kawasan Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara.

Baca Juga :

Kuota BBM dan LPG 2023 Disoroti, Kemenkeu Antisipasi Potensi Jebol

Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha Pertamina, A Salyadi Saputra mengatakan, nantinya terminal ini akan lebih besar dan lebih modern dari Integrated Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang. 

“Jakarta Integrated Green Terminal nantinya tidak hanya akan menampung bahan bakar seperti LPG, BBM, Gasoline, dan Biodiesel, tapi juga dirancang untuk bisa menampung LNG, CPO, UCO (Used Cooking Oil), dan petrokimia. Bahkan juga bisa untuk menampung Hidrogen yang diperkirakan akan tumbuh permintaannya di 2030,” kata Salyadi dalam keterangannya, Selasa, 8 Agustus 2023.

Baca Juga :

Butuh Waktu Berapa Lama untuk Perjalanan ke Bulan?

Ilustrasi bisnis PT Pertamina Patra Niaga.

Ilustrasi bisnis PT Pertamina Patra Niaga.

Photo :

  • Dok. Pertamina Patra Niaga.

Dia juga memaparkan, terminal ini nantinya akan mendukung ketahanan energi nasional, karena dirancang untuk menjadi terminal energi dengan standar operasional terbaik di kelasnya. “Dengan penerapan teknologi terbaru dan skala fleksibilitas terbaik, untuk memenuhi kebutuhan energi di area Jabodetabek,” ujar Salyadi. 

Baca Juga :

Dorong Transisi Energi, Ganjar Jadikan Cilacap Pilot Project Kapal Listrik

Pertamina, memberikan mandat kepada PT Pertamina International Shipping (PIS), selaku Sub Holding Integrated Marine Logistics, yang selama ini fokus mengelola terminal energi strategis untuk mengerjakan dan mengembangkan Jakarta Integrated Green Terminal.

Chief Executive Officer (CEO) PIS, Yoki Firnandi menjelaskan, persiapan pembangunan Jakarta Integrated Green Terminal telah berjalan, di mana studi awal pengembangan konsep terminal baru ini sudah selesai dilakukan. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *