Kita Ikut Formulasi Upah Sesuai UU Cipta Kerja

Berita353 Dilihat

Senin, 31 Juli 2023 – 20:02 WIB

Jakarta – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) merespons, tuntutan buruh yang meminta kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) sebesar 15 persen pada 2024.  Ketua Umum Apindo, Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, terkait kenaikan upah pengusaha mengikuti Pemerintah. Sebab, lanjutnya, kenaikan upah itu mengikuti pertumbuhan ekonomi dan inflasi. 

Baca Juga :

HPE Semua Produk Pertambangan Kena Kenaikan Bea Keluar Agustus 2023

“Saat ini yang musti kita lihat, UMP dasarnya adalah UU Cipta Kerja. UU Cipta Kerja dasarnya itu ada PP yang mengatur dari segi formulasi upah, dan kita mengikuti Pemerintah. Jadi itu ada kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi dengan inflasi sebenarnya, formula itu yang harus kita ikuti,” ujar Shinta kepada awak media di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Senin, 31 Juli 2023. 

Ketua Umum Apindo dan juga CEO Sintesa Group Shinta Widjaja Kamdani .

Ketua Umum Apindo dan juga CEO Sintesa Group Shinta Widjaja Kamdani .

Baca Juga :

Bela Rocky Gerung, Elite PD: Relawan Jokowi Anti Kritik, Sedikit-sedikit Tempuh Jalur Hukum

Shinta menuturkan, untuk saat ini kondisi perekonomian dari sisi industri padat karya sedang mengalami pelemahan. Hal itu terlihat dari ekspor tekstil dan garmen mengalami penurunan..

“Kita lihat misalnya padat karya, kan ekspor padat karya lagi turun terutama tekstil garmen, ya pasti mereka punya masalah untuk minta kenaikan yang tinggi,” ujarnya. 

Baca Juga :

BBM Pertamina Naik VIVO Ikutan, Intip Rinciannya

Sebelumnya, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan aksi unjuk rasa di depan pintu selatan Monumen Nasional (Monas) Jakarta. Presiden KSPI Said Iqbal mengatakan, buruh membawa tiga isu yang akan diusung yakni cabut omnibus law UU Cipta Kerja, naikkan upah minimum 2024 sebesar 15 persen, dan cabut UU Kesehatan

Baca Juga  Tidak Tobat Setelah Dipenjara 10 Tahun, Predator Anak Kembali Berulah di Karawang

“Aksi ini bersamaan dengan sidang lanjutan uji formil UU Cipta Kerja, yang salah satunya diajukan oleh Partai Buruh,” ujar Said dalam keterangannya, Rabu, 26 Juli 2023.

Halaman Selanjutnya

Said Iqbal mengatakan, para buruh yang turun ke jalan meminta kepada pemerintah, untuk kenaikan upah minimum 2024 naik 15 persen yang didasarkan pada makro ekonomi, inflasi ditambah pertumbuhan ekonomi.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *