HUT RI ke-78, PTRI Jenewa Gelar Pesta Rakyat

Berita385 Dilihat

Perutusan Tetap RI atau PTRI Jenewa pada Sabtu, 19 Agustus 2023, menggelar acara Pesta Rakyat dalam rangka perayaan HUT RI ke-78 di Jenewa, Swiss. Acara diselenggarakan di halaman Wisma Wakil Tetap RI yang berlokasi di La Capite 229. 

PTRI Jenewa dalam keterangan menjelaskan dekorasi dalam acara Pesta Rakyat dibentuk untuk menghadirkan suasana persis seperti di tanah air. Dekorasi acara menggunakan berbagai ornamen lokal seperti gapura dari bambu berhiaskan tampah, dan spanduk warung pecel lele sebagai latar belakang panggung.

Ratusan pengunjung dihibur dengan beragam penampilan musik dan tari yang dibawakan oleh WNI di Jenewa dan sekitarnya. Dalam Pesta Rakyat ini, terdapat pula bazaar makanan tradisional Indonesia, perlombaan tarik tambang, balap karung, lomba makan kerupuk, serta undian berhadiah yang menjadi daya tarik pesta tahunan bagi WNI di Jenewa. 

Pengunjung terlihat menikmati hiburan dan makanan Indonesia yang dijual di berbagai stall makanan. Makanan-makanan khas Indonesia menjadi obat ampuh bagi perantau Indonesia di Jenewa yang rindu kampung halaman dan dicari warga lokal serta komunitas internasional yang datang ke acara.

Selain membeli makanan dan menikmati hiburan, para WNI yang berkunjung juga dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan layanan konsuler yang disediakan oleh KBRI Bern, seperti lapor diri dan perpanjangan paspor.

Iklan

Pesta Rakyat pada tahun ini, juga dimeriahkan dengan kehadiran Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, yang kebetulan tengah berkunjung ke Jenewa dan didapuk membuka acara Pesta Rakyat. Menteri Basuki sukses memukau mengunjung dengan permainan drumnya dan kuis yang menarik warga.

Pesta Rakyat di Jenewa berlangsung meriah sejak pukul 10.00 pagi hingga 16.00 sore waktu setempat yang diisi dengan pentas seni, tarian dan lagu-lagu. Rangkaian kegiatan pesta rakyat ini merupakan tradisi PTRI Jenewa yang dimaksudkan untuk menguatkan kolaborasi dan kekerabatan warga serta diaspora Indonesia. 

Baca Juga  Jokowi Orders Energy Minister to Evaluate Natural Gas Production Cost

Pilihan Editor: Deretan Aksi Heroik Saat Upacara Bendera HUT RI ke-78

Ikuti berita terkini dari Tempo.co di Google News, klik di sini.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *