Hilirisasi Nikel Berdampak Positif, Luhut Janjikan ini Pelaku Industri EV

Berita371 Dilihat

Selasa, 25 Juli 2023 – 11:20 WIB

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, membeberkan berbagai dampak positif yang dirasakan Indonesia dari upaya hilirisasi sumber daya alam khususnya nikel.

Baca Juga :

Kemenko Perekonomian Dorong Bonus Demografi Genjot Ekonomi RI Jadi Negara Maju

Dia menegaskan, industri hilir nikel di Indonesia telah memberikan kontribusi pembangunan ekonomi yang signifikan, terutama pada stabilitas ekonomi makro, ekspor, peningkatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia timur, dan pengurangan kemiskinan serta pengangguran.

Karenanya, Luhut memastikan bahwa saat ini Indonesia akan terus mendorong upaya hilirisasi nikel lebih lanjut, guna menciptakan ekosistem industri kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) yang kompetitif.

Baca Juga :

R&I Naikkan Outlook Rating Utang Indonesia Jadi Positif, Bos BI: Stabilitas Ekonomi RI Diakui

“Indonesia akan mendorong hilirisasi lebih lanjut, untuk menciptakan ekosistem industri yang kompetitif pada baterai lithium dan kendaraan listrik,” kata Luhut dalam telekonferensi di acara ‘Nickel Confrence 2023’, Selasa, 25 Juli 2023.

Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan.

Menko Marives Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca Juga :

30 Negara Jadi Pasien IMF, Airlangga Ungkap Kondisi Indonesia

Dia mengatakan, saat ini pemerintah Indonesia telah berhasil menarik pemain kunci di kilang lithium, peleburan aluminium, foil tembaga, produsen baterai lithium, dan produsen mobil listrik.

“Gigafactory pertama kami akan memulai produksi komersial pertengahan tahun depan,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Namun, lanjut Luhut, pertumbuhan eksponensial industri selama 5 tahun terakhir memang masih perlu dikendalikan. Hal itu guna memastikan bahwa ke depannya, Indonesia akan mampu menciptakan dan memiliki industri hilir yang berkelanjutan.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Deretan Keunikan V BTS yang Kerap Disebut Idola Mahal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *