Gantikan Posisi Shell di Blok Masela, Pertamina dan Petronas Rogoh Kocek Rp 9,75 Triliun

Berita349 Dilihat

Selasa, 25 Juli 2023 – 19:11 WIB

Tangerang – PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Hulu Energi (PHE), menggandeng Petronas Masela Sdn. Bhd. (Petronas Masela) mengakuisisi 35 persen kepemilikan Shell Upstream Overseas Services (SUOS) di Blok Masela. PHE akan mengelola 20 persen dari kepemilikan tersebut, dan 15 persennya akan dikelola oleh Petronas Masela.

Baca Juga :

INFOGRAFIK : Mengenal Pertamax Green 95

Namun, saat dikonfirmasi kepada Kepala SKK Migas, Dwi Sutjipto, perihal berapa biaya yang harus dikeluarkan Pertamina dalam aksi korporasinya tersebut. Ia hanya menyebut kisaran harganya. Dwi memastikan, angkanya berada di bawah US$1 miliar.

“Yang bayar Pertamina, di bawah US$1 miliar,” kata Dwi saat ditemui di sela-sela acara IPA Convex 2023, ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa, 25 Juli 2023.

Baca Juga :

Konsumsi Elpiji 3 Kg Meningkat 2 Persen di Juli, Pertamina Patra Niaga Pastikan Stok Aman

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto.

Photo :

  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya.

Meski demikian, Dwi menegaskan bahwa setidaknya pengelolaan Blok Masela yang selama ini kejelasannya terkait divestasi masih gantung, kini sudah bisa diselesaikan. 

Baca Juga :

Sah! Pertamina-Petronas Akuisisi 35 Persen Saham Shell di Blok Masela

“Masela yang tergantung mengenai divestasi sudah selesai,” ujarnya.

Diketahui, dalam pernyataan resminya pada Selasa, 25 Juli 2023, pihak Shell menjelaskan bahwa harga saham Shell yang harus dimiliki Pertamina dan Petronas yakni sebanyak US$650 juta atau sekitar Rp 9,75 triliun (asumsi Rp 15.000 per US$).

Halaman Selanjutnya

Manajemen Shell menyampaikan, dalam pertimbangan dasar penjualan hak partisipasi Shell di Blok Masela telah menyepakati sebesar US$325 juta dalam bentuk tunai, dengan tambahan jumlah kontingen sebesar US$325 juta.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  5 Kampus Terbaik Di Makassar 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *