Eksportir Parkir DHE di Dalam Negeri, Cadangan Devisa Bisa Bertambah hingga US$100 Miliar per Tahun

Berita362 Dilihat

Jumat, 28 Juli 2023 – 17:23 WIB

Jakarta – Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) 36 Tahun 2023, yang mewajibkan para eksportir untuk memarkirkan Devisa Hasil Ekspor (DHE) Sumber Daya Alam (SDA) di dalam negeri, dengan jangka waktu minimal 3 bulan.

Baca Juga :

Aturan Wajib Parkir DHE Dalam Negeri, Sri Mulyani Tambah Jenis Barang Jadi 1.545

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, dengan aturan baru DHE SDA itu akan mendongkrak cadangan devisa mencapai US$100 miliar per tahun.

“Dengan ketentuan DHE SDA, antara US$60-US$100 milar itu range yang bisa kita dapatkan (dalam setahun),” kata Airlangga dalam konferensi pers di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat, 28 Juli 2023.

Baca Juga :

Golkar: Komunikasi Politik Airlangga-Puan Jadi Penentu Arah Politik 2024

Ilustrasi ekspor impor.

Pemerintah sendiri sudah menetapkan empat sektor yang wajib DHE diparkirkan di dalam negeri. Itu di antaranya, pertambangan, perkebunan, kehutanan, dan perikanan. Pada 2022 berdasarkan data, total DHE SDA mencapai US$203 miliar, atau 69,5 persen dari total nilai ekspor.

Baca Juga :

Sederet Insentif Pajak Bagi Eksportir yang Parkir DHE di Dalam Negeri

Airlangga menjelaskan, dari empat sektor itu tertinggi berasal dari pertambangan sebesar US$129 miliar atau 44 persen. Itu utamanya berasal dari batu bara yang mencapai 36 persen.

Kemudian perkebunan sebesar US$55,2 miliar atau 18 persen. Di mana komoditas terbesar adalah kelapa sawit yang besarnya adalah US$27,8 miliar atau 50,3 persen.

Halaman Selanjutnya

Berikutnya hutan sebesar US$11,9 miliar atau 4,1 persen. Menurutnya, kontribusi terbesar ada pada pulp and paper industri. Sedangkan sektor perikanan sebesar US$6,9 miliar, yang berasal dari udang dan lainnya.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Gandeng UI, Perumnas Sediakan Hunian 'Student House' Berkonsep TOD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *