Dianggap Menghina Masyarakat Adat Dayak, Rocky Gerung: di Mana Hinaannya?

Berita356 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Akademisi dan pengamat politik Rocky Gerung mengaku heran dilaporkan oleh masyarakat adat Dayak imbas pernyataannya yang dianggap menyinggung soal Ibu Kota Negara (IKN). Dia mengklaim justru membela mereka.

“Tiba-tiba masyarakat Dayak menganggap saya menghina masyarakat Dayak, di mana hinaannya? Saya justru membela hak masyarakat adat untuk tidak dieksploitasi oleh investor Cina,” kata Rocky dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat kemarin, 4 Agustus 2023.

Rocky mengklaim dirinya sudah beberapa kali datang ke IKN atas undangan beberapa universitas. Ia juga mengklaim pernah diundang oleh komunitas masyarakat adat untuk dimintai pendapat.

Rocky berpendapat IKN ini berbahaya secara diplomasi, berbahaya secara geopolitik dan bahkan berbahaya secara kebudayaan.

“Karena pasti kalau ada IKN di situ masyarakat adat akan tersingkir itu, artinya hilang jejak kultural kita di situ. Jadi dari awal saya membela masyarakat adat Dayak, Banjar segala macam di situ,” kata dia.

“Siapa yang provokasi teman-teman Dayak yang pernah berkali-kali mengundang saya itu, soalnya itu. Jadi saya mencintai bumi Kalimantan karena itu saya bertahan bumi jangan itu dijual,” ujarnya.

Apalagi, kata Rocky, ada pemberitaan soal Presiden Joko Widodo atau Jokowi pergi ke Cina untuk meminta investor asing menanam modal di IKN.

“Pak Jokowi bilang ‘sudah saya kasih konsesi 180 tahun Anda tolong buatkan ibu kota’ bagaimana mungkin itu yang disebut presiden menjual negara, kenapa mesti tersinggung,” ucap Rocky.

Masyarakat adat Dayak sembelih babi

Dilansir dari Tempo, Lembaga Persekutuan Adat Dayak Kalimantan Timur-Kalimantan Utara (LPADKT-KU) menggelar demonstrasi yang diwarnai aksi sembelih babi di Simpang Dome, Sepinggan Balikpapan Selatan, kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

“Potong babi ini simbol sakit hati kami warga Kalimantan Timur, provinsi yang terpilih menjadi tempat Ibu Kota Nusantara,” kata Ketua LAPDKT Balikpapan, Nasion Lasung.

Baca Juga  Bripda IDF Sering Diperlakukan Buruk Oleh Senior, Kekasihnya Pegang Bukti Foto Lebam

Nasion mengatakan pernyataan Rocky yang menghina nama Presiden Republik Indonesia dan mengkritik pemindahan IKN telah melukai hati warga Kalimantan Timur (Kaltim).

”Sekali lagi, pernyataan Rocky bahwa Presiden Jokowi ‘b*j*ng*n t*l*l’ karena memindahkan ibu kota negara ke Kalimantan Timur itu benar-benar melukai hati kami,” tandas Nasion.

Selanjutnya: Selain LPADKT-KU, Majelis Adat Dayak Nasional…



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *