David, Anak Buruh Bangunan di Bantul Alumnus UNY yang Lolos Seleksi Bintara Polri

Berita365 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – David Luky Hermawan, putra dari Tugiyo, seorang buruh bangunan asal Pedukuhan Sindet, Kalurahan Trimulyo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, lolos seleksi penerimaan anggota Bintara Polri 2023 yang diadakan Kepolisian Daerah (Polda) DIY.

Ayah David, Tugiyo, mengaku tak tahu jika putranya lolos seleksi polisi. Dia baru tahu putranya lolos seleksi setelah diinformasikan oleh Kasubbid Penmas Bidhumas Polda DIY AKBP Verena Sri Wahyuningsih saat berkunjung ke rumah David di Trimulyo Jetis, Bantul pada Senin, 31 Juli 2023.

Sebelum mendaftar seleksi itu, David lulusan Fakultas Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kebugaran Universitas Negeri Yogyakarta atau UNY. Dia lulus dengan predikat cum laude. Menurut Tugiyo, David yang merupakan kelahiran 2000 hanya berencana menjadi guru olahraga.

“Daftar polisi itu tidak tahu, tidak dikabari apa-apa. Tahunya dikabarkan jadi polisi, lolos seleksi. Tentunya sangat setuju. Keluarga doakan jadi orang baik,” katanya dilansir dari Antara pada Senin, 31 Juli 2023.

AKBP Verena mengatakan, menjadi anggota polisi merupakan hak setiap warga negara Indonesia.  Namun, informasi perekrutan anggota Polri terkadang masih kurang. Dia mencontohkan seperti orang tua David yang sehari-hari bekerja sebagai buruh itu tidak tahu-menahu terkait rekrutmen polisi.

Iklan

“Jadi anaknya yang langsung disentuh dan Alhamdulillah lolos menjadi anggota polisi Bintara. Memang di kepolisian itu ada bermacam-macam pendaftaran ada ke Bintara, Tamtama, ke Akpol, dan dari SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana),” katanya.

Dia mengatakan proses perekrutan anggota Polri tidak dipungut biaya. Menurut dia, seleksi anggota Polri yang dilakukan berprinsip pada BETAH yaitu kepanjangan dari Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis. Kemudian ada sistem yang dilakukan yaitu proaktif dengan mencari bibit-bibit unggul anak yang memiliki prestasi.

Baca Juga  Mau Untung Besar, tapi Tak Mau Berisiko

“Setiap tahun kami ada dua kali seleksi untuk Bintara Polri dengan pendidikan lima bulan. David ini lolos seleksi lewat jalur prestasi, sekarang sedang pendidikan di SPN Selopamioro,” katanya.

Pilihan Editor: Unpad Pastikan 10 Mahasiswa yang Dikabarkan akan Mundur dan Cuti Terkait UKT Tetap Kuliah



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *