Biaya Konversi Motor Listrik Rp 7,5-8 Jutaan Setelah Disubsidi, Begini Cara Daftarnya

Berita359 Dilihat

Jumat, 28 Juli 2023 – 20:36 WIB

Jakarta – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersama stakeholder menggelar acara ‘Pembukaan Gelar Konversi Sepeda Motor Listrik Perdana’. Hal itu guna mendorong masyarakat untuk melakukan konversi sepeda motor berbahan bakar minyak (BBM) menjadi sepeda motor listrik.

Baca Juga :

Kapolri hingga Panglima TNI Raih Penghargaan di HUT ke-13 BNPT

Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengatakan, harga untuk melakukan konversi motor BBM menjadi motor listrik hanya sekitar Rp 7,5-8 juta saja per motornya. Dia memastikan, harga itu masih jauh lebih murah dari harga aslinya, karena pemerintah telah memberikan subsidi sebesar Rp 7 juta per motor. Harga minimal konversi motor BBM ke motor listrik tanpa disubsidi pemerintah diperkirakan tarifnya bisa mencapai Rp 14 jutaan.

“Harganya itu hanya sekitar Rp 7,5-Rp 8 jutaan, nanti baterainya itu akan didukung,” kata Arifin dalam acara Pembukaan Gelar Konversi Sepeda Motor Listrik Perdana di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat, 28 Juli 2023.

Baca Juga :

Bima Mukti Lulusan Akpol 2023 Tugas di Bareskrim Bareng Bapaknya Jenderal Bintang 1

Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Dia menambahkan, waktu yang dibutuhkan untuk mengkonversi satu sepeda motor BBM menjadi sepeda motor listrik, hanya sekitar 48 menit saja dengan jasa 2 montir. Terlebih, cara mendaftar untuk melakukan konversi pun terbilang mudah, karena semua prosesnya bisa dilakukan secara online.

Baca Juga :

UI Dorong Penggunaan Motor Listrik di Dalam Kampus

“Itu ada platform-nya, register, semuanya online. Ini juga ada syaratnya, motornya jelas, pemiliknya jelas, suratnya jelas,” ujarnya.

Diketahui, sampai 27 Juli 2023, Kementerian ESDM mencatat baru terdapat 4.578 pemohon konversi yang sudah mendaftar melalui platfrom digital. Padahal, target yang dipatok untuk konversi kendaraan listrik di tahun 2023 ini adalah 50 ribu kendaraan.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *