Akademisi Beberkan Kriteria Calon Kepala Badan Karantina Indonesia

Berita310 Dilihat

Senin, 7 Agustus 2023 – 21:32 WIB

Jakarta – Guru Besar IPB University, Prof. Dr. Ir. Widodo, MS mengungkapkan, kriteria calon kepala Badan Karantina Indonesia (Barantin) yang tepat. Menurutnya, calon kepala Barantin harus profesional berintegritas, dan pejabat karir.

Baca Juga :

Badan Karantina Indonesia Bakal Bikin Indonesia Makin Diperhitungkan di Dunia, Ini Alasannya

Adapun Berantin merupakan lembaga baru yang dibentuk melalui peleburan tiga lembaga di bawah Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta fungsi Pengawasan KSDAE Kementerian LHK di tempat pemasukan dan pengeluaran.

“Paling tepat orang karir. Orang karir paham teknis. Tanpa memahami teknis, potensi salah kebijakan bahkan penyelewengan akan terjadi,” kata Widodo dalam keterangan Senin, 7 Agustus 2023.

Baca Juga :

Cadev Juli 2023 Naik Hembuskan Sentimen Positif, IHSG Menguat Pagi Ini

Ilustrasi Ekspor-Impor

Widodo mengatakan, seorang kepala Barantin idealnya memiliki pengetahuan teknis yang banyak. Sebab lembaga ini merupakan badan teknis, sehingga seorang kepala paling tidak memiliki background keahlian teknis.

Baca Juga :

Ahmad Sahroni: Generasi Muda Jangan Takut Viralkan jika Ada Oknum Pejabat Lakukan Kekerasan

“Lalu dia dipoles menjadi seorang manajerial dan komunikator yang baik. Komunikator ke ke bawah, ke atas, maupun ke samping,” jelasnya.

Selain profesional paham teknis, Widodo mengatakan seorang kepala Barantin mesti komunikator ulung. Karena Barantin akan menjadi alat negara dalam urusan daya tawar terhadap negara lain.

Halaman Selanjutnya

“Barantin akan menjadi filter ekspor impor, kalau urusan perdagangan mesti memiliki kemampuan komunikasi. Jadi nanti Badan ini memiliki peran yang sangat strategis sebagai economic tools dan diplomatic tools. Kalau dalam perdagangan ada yang boleh dan tidak,” ujarnya.

img_title



Quoted From Many Source

Baca Juga  Pemerintah Siapkan Anggaran KUR Alsintan Rp 5 Miliar untuk Petani Hadapi El Nino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *