Ada Salah Desain di Longspan Proyek LRT Jabodebek, Wamen BUMN: Belok Harus Pelan Sekali

Berita347 Dilihat

Selasa, 1 Agustus 2023 – 17:57 WIB

Jakarta – Moda transportasi terbaru yakni LRT Jabodebek, disebut-sebut sebagai sebuah proyek yang dalam bahasa Jawa disebut ‘salah kedaden’, atau yang berarti ‘ada sesuatu yang salah terjadi’. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo atau karib disapa Tiko, yang menyebut bahwa awalnya proyek ini didesain sebagai program kereta tanpa masinis.

Baca Juga :

Kata Menhub Budi Karya soal Heboh Tikungan LRT Jabodebek yang Disebut Salah Desain

“Ini juga ‘salah kedaden’. Jadi dulu itu dengan berbagai macam teori, bikin lah program kereta tanpa masinis. Jadi teknologinya kereta tanpa masinis,” kata Tiko di acara InJourney Talks, Selasa, 1 Agustus 2023.

Dia menjelaskan, salah satu hal yang disorotinya yakni soal tidak adanya integrasi sistem pada masing-masing operator, yang menggarap tiap komponen dan elemen dari moda transportasi LRT Jabodebek tersebut.

Baca Juga :

Jokowi soal Longspan LRT Gatsu-Kuningan: Koreksi Masih Ada

Tiko mengatakan, terdapat sejumlah unsur dalam proyek LRT Jabodebek ini, sesuai bidangnya masing-masing. Antara lain yakni PT Adhi Karya (Persero) sebagai penggarap prasarana, PT INKA (Persero) sebagai penyedia armada kereta, Siemens sebagai pengembang software, PT Len Industri (Persero) yang menangani soal persinyalan, dan pihak-pihak lainnya yang juga terlibat.

“Nah, proyek ini enggak ada system integrator-nya. Di semua project besar itu ada integrator sistem, tapi ini enggak ada. Jadi semua komponen project itu berjalan liar tanpa ada integrator di tengah,” ujarnya.

Baca Juga :

Jokowi: Jangan Tergesa-gesa Operasikan LRT Jabodebek, Utamakan Keselamatan

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo.

Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo.

Karenanya, Tiko mengaku bahwa pada saat mengambil alih proyek ini, pihaknya langsung membentuk Project Management Office (PMO) untuk memastikan bahwa proses integrasi antar stakeholder tersebut bisa tercipta.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *