7 Makanan Populer Korea Selatan: Ada Japchae hingga Miyeok Guk

Berita322 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaSaat ini makanan Korea Selatan sudah menjadi salah satu hidangan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Sebab, negara tersebut menawarkan cita rasa makanan mulai dari manis, asin, gurih, dan pedas.

Berbagai jenis makanan Korea Selatan juga telah banyak muncul di berbagai tayangan televisi atau konten di sosial media. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut tujuh makanan khas Korea Selatan yang populer.

1. Japchae

Jika sedang mencari masakan berbahan mi dengan cita rasa yang manis dan gurih, japchae adalah hidangan yang tepat. Japchae adalah masakan Korea yang terdiri dari mi, sayuran, dan daging. Di Korea, makanan ini biasanya selalu disajikan sebagai hidangan dalam berbagai perayaan. Awalnya, makanan ini adalah masakan istana kerajaan Korea, tetapi mulai populer saat dimakan oleh para non-bangsawan. 

2. Mandu

Korea Selatan memiliki pangsit dengan ciri khas tersendiri yang disebut mandu. Makanan ini memiliki berbagai variasi isian, seperti daging, sayuran, tahu, ataupun jamur tergantung musim yang sedang berjalan. Mandu bisa dimasak dengan tiga cara, yaitu direbus, dikukus, dan digoreng. Mandu biasanya ada saat acara pesta, upacara leluhur, dan musim dingin. 

3. Bungeoppang

Bungeoppang adalah dessert yang tepat untuk dinikmati setelah makan berat. Bungeoppang adalah roti bentuk ikan yang biasanya diisi dengan pasta kacang merah atau krim custard. Dikutip dari Korea JoongAng Daily, makanan ini adalah jajanan kaki lima yang populer di Korea saat musim dingin. 

4. Naengmyeon

Iklan

Saat musim panas di Korea Selatan, orang-orang akan mencari makanan yang membuat tubuhnya agar tetap dingin dan segar, seperti Naengmyeon. Makanan ini berbahan dasar dari mi gandung yang disajikan dengan kuah kaldu sapi dingin. Ketika musim dingin, naengmyeon akan disajikan bersama kimchi dan daging di atasnya. 

Baca Juga  Tambah Modal Produksi Kendaraan Listrik, VKTR Raih Kredit Rp 250 Miliar dari BCA

5. Jeon 

Jeon dikenal sebagai panekuk khas Korea yang gurih karena tepungnya yang renyah. Musim hujan adalah waktu yang tepat untuk menikmati panekuk ini. Jeon memiliki berbagai jenis isian, seperti kimchi, zucchini, paprika, daging-dagingan, dan tiram. Orang-orang di Anju, Korea Selatan, dapat menikmati jeon dengan makgeolli, yaitu arak beras susu. 

6. Sundubu Jjigae

Sundubu jjigae adalah sejenis semur atau sup kuah tradisional Korea. Bahan utamanya adalah sundubu yang berarti tahu yang lembut dan halus. Selain tahu, isian dari hidangan ini meliputi daging sapi, makanan laut, zucchini, atau jamur. Walaupun memiliki warna kuah yang merah, sundubu jjigae tidak memiliki rasa yang pedas. Dikutip dari TasteAtlas, saat memakan hidangan ini, nasi sering disajikan sebagai pendamping. 

7. Miyeok Guk

Bagi pecinta makanan yang berbahan dasar rumput laut, miyeok guk adalah hidangan yang dapat dicoba. Miyeok guk adalah sup rumput laut yang dihidangkan bersama daging sapi. Orang-Orang Korea Selatan banyak memakan ini  saat hari ulang tahun atau melahirkan. 

Pilihan Editor: 9 Makanan Pedas Khas Korea yang Top



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *