5 Fakta Unik tentang Buffon, Kiper Kawakan Italia yang akan Pensiun

Berita360 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaKiper kawakan asal Italia Gianluigi Buffon akan pensiun dari sepak bola pada usia 45 tahun. Ia memutuskan akan mengakhiri kontrak dengan Parma

Tentang Gianluigi Buffon

1. Debut profesional

Dikutip dari Sky Sport, Gianluigi Buffon salah satu kiper kawakan Italia yang lahir di Carrara, Italia pada 28 Januari 1978. Dia debut sebagai pemain profesional saat bergabung klub Serie A, Parma, pada 1995.

2. Perjalanan karier 

Kariernya makin mentereng, ketika bergabung dengan Juventus pada 2001. Buffon bersama klub itu selama 17 tahun. Ia dinilai sebagai salah satu kiper terbaik.

Buffon sempat bermain untuk klub Prancis, Paris Saint-Germain atau PSG pada 2018. Tapi, akhirnya dia kembali lagi ke Parma. Dia membuat 19 penampilan untuk tim Serie B itu pada musim 2022-2023.

Iklan

3. Trofi

Buffon pernah mengantarkan Juventus meraih 10 gelar scudetto, lima kali juara Coppa Italia, dan lima trofi Piala Super Italia. Pemain yang mengoleksi 176 penampilan bersama Gli Azzurri itu ikut berperan saat timnas Italia menjuarai Piala Dunia 2006.

4. Rekor

Dikutip dari Planet Sport, Buffon juga memenangi banyak medali dan memecahkan beberapa rekor, termasuk penampilan Serie A terbanyak (657 kali).

5. Pensiun karena sering cedera

Buffon masih ingin bermain hingga Piala Dunia 2026. Ia  ingin menyelesaikan kontraknya bersama Parma yang akan habis pada Juni 2024. Tapi, karena sering cedera, bekas kiper Juventus dan timnas Italia itu menimbang ulang kelanjutan kariernya. Agennya Buffon bakal melakukan pertemuan dengan perwakilan Parma membahas pemutusan kontrak.

Setelah pemutusan kontrak, Buffon akan mendapatkan tawaran untuk mengisi posisi Chief of Delegation timnas Italia yang sebelumnya ditempati mendiang Gianluca Vialli.

Baca Juga  Govt to Build Food Estate to Tackle Drought, Famine in Papua

Pilihan Editor:  Terus Diganggu Cedera, Gianluigi Buffon Putuskan Pensiun Lebih Cepat dari Rencana



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *