317 Kabupaten Bakal Terima Dana Bagi Hasil Perkebunan Sawit, Intip Ketentuannya

Berita349 Dilihat

Selasa, 8 Agustus 2023 – 17:08 WIB

Jakarta – Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Musdhalifah Machmud menegaskan, sampai saat ini sudah ada 317 Kabupaten di Indonesia, yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakatnya dari perkebunan kelapa sawit.

Baca Juga :

Angka Kecelakaan Kerja Tinggi, BPJS Ketenagakerjaan Gelar Workshop K3 Bagi Sektor Perkebunan

Apalagi, Presiden Jokowi juga telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2023 tentang Dana Bagi Hasil (DBH) Perkebunan Sawit, sebagai landasan aturan untuk pencairan DBH sawit ke daerah.

“Nanti juga bisa dilihat dari dana bagi hasil (DBH) yang PP Nomor 38 tahun 2023-nya juga sudah terbit, dan di situ sudah diidentifikasi ada 317 kabupaten yang akan mendapatkan DBH,” kata Musdhalifah dalam seminar ‘Sawit Memerdekakan Rakyat Indonesia dari Kemiskinan’, di kawasan Sudirman, Jakarta, Selasa, 8 Agustus 2023.

Baca Juga :

Kuat Bidang Ekonomi Membuat Peluang Airlangga Hartarto jadi Capres Masih Besar

Selain itu, Musdhalifah menjelaskan bahwa nantinya juga akan ada daerah-daerah perbatasan dan lain-lain, yang juga akan menerima DBH tersebut. “Ketentuannya, untuk daerah perbatasan (DBH-nya) adalah 20 persen, kemudian provinsi juga 20 persen, dan 60 persen (DBH) untuk kabupaten penghasil,” ujarnya.

Ilustrasi perkebunan kelapa sawit.

Ilustrasi perkebunan kelapa sawit.

Baca Juga :

Dekarbonisasi Jadi Peluang Ekonomi, Anindya: Indonesia Bisa Jadi Kiblat

Dengan mekanisme tersebut, Musdhalifah menegaskan bahwa hal itulah yang disebut sebagai langkah konkrit dalam memerdekakan rakyat Indonesia dari kemiskinan. “Itulah yang kita harus jaga, yakni ratusan kabupaten yang ekonominya tergantung dari kelapa sawit ini,” kata Musdhalifah.

Dia bahkan meyakini, jika dibandingkan dengan kabupaten-kabupaten yang bergantung dari komoditas lainnya, kesejahteraan masyarakat di kabupaten-kabupaten yang tergantung dari kelapa sawit tentunya lebih tinggi.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *