14 Kapal Sudah Tua, Pelni Ajukan PMN Rp 4 Triliun Buat Bikin 3 Unit Baru

Berita360 Dilihat

Rabu, 2 Agustus 2023 – 17:35 WIB

Jakarta – PT Pelni (Persero) mengajukan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 4 triliun, untuk tahun anggaran 2024 mendatang. Direktur Utama Pelni, Tri Andayani menjelaskan, PMN itu nantinya bakal digunakan untuk membangun tiga unit kapal baru guna menunjang operasional Pelni.

Baca Juga :

Sinergi Bea Cukai Teluk Nibung dan Imigrasi Amankan Imigran Gelap di Peraian Tanjung Jumpul

“Jadi nanti ada tiga kapal yang akan dibangun untuk memenuhi kebutuhan penggantian armada Pelni,” kata Tri dalam Public Expose Pelni di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu, 2 Agustus 2023.

Dari 26 kapal yang dimiliki Pelni, saat ini sekitar 14 kapal di antaranya sudah masuk kategori kapal berusia tua. Karenanya, Tri memastikan bahwa penggantian kapal baru nanti akan didanai dari PMN oleh pemerintah yang tengah diajukan tersebut.

Baca Juga :

Penumpang Melonjak, Pelni Cetak Laba Bersih Rp 113,32 Miliar di Semester I-2023

“Nantinya (kapal baru) ini juga akan ada ruang muat kargo, yang kami harap bisa membantu meningkatkan perekonomian, khususnya di wilayah Indonesia tengah dan timur,” ujarnya.

Direktur Utama Pelni, Tri Andayani.

Direktur Utama Pelni, Tri Andayani.

Photo :

  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya.

Baca Juga :

Co-operation Forum ke-14, RI Beberkan 2 Isu Utama Sektor Maritim Global

Tri mengaku langkah membangun kapal baru ini merupakan upaya mendesak, yang harus dilakukan Pelni saat ini. Mengingat, ada 12 kapal Pelni yang berusia 30 tahun, dan masih akan bertambah menjadi 14 kapal dengan usia tua di tahun 2024 mendatang.

Meskipun, Dia mengatakan bahwa PMN Rp 4 triliun yang diajukan Pelni itu, sebenarnya tidak akan menutupi kebutuhan dana untuk membuat 3 kapal yang direncanakan tersebut.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *