Usai Pertemuan Khusus, Paus Fransiskus Beri 2 Buku ke Megawati, Isinya Implementasi Pancasila

Apartemen252 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM — Setelah bertemu secara khusus dengan Paus Fransiskus, Presiden kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mendapat hadiah dua buah buku dari pemimpin tertinggi umat Katolik sedunia itu, Senin (18/12/2023).

Kedua buku itu merupakan karya Paus Fransiskus berjudul ‘Laodato Si’ dan ‘Laudate Deum’.

Kedua buku itu berisi tentang krisis iklim dan krisis kemanusiaan.

Ketua DPR RI Puan Maharani yang ikut mendampingi Megawati menyebutkan kedua buku itu isinya adalah implementasi Pancasila.

Buku diterima Megawati usai menggelar pertemuan dengan Paus Fransiskus di Istana Apostolik atau Kepausan, di Vatikan, pada Senin (18/12/2023) siang waktu setempat.

Awalnya, Megawati bersama rombongan juri Zayed Award untuk Persaudaraan Manusia atau Zayed Award for Human Fraternity 2024 menggelar dialog dengan Paus Fransiskus. 

Baca juga: Megawati Bertemu Paus Fransiskus di Vatikan, Kerukunan Umat Beragama di Indonesia Jadi Sorotan

Di mana, Megawati menjadi salah satu juri bersama lima tokoh dunia dalam ajang tersebut.

Usai pertemuan itu, Megawati menggelar pertemuan khusus dengan Paus Fransiskus di salah satu ruangan di Istana Apostolik, Vatikan.

Dalam kesempatan itu, Megawati didampingi oleh Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh Indonesia untuk Takhta Suci Vatikan, Michael Trias Kuncahyono, Ketua DPP PDIP yang juga Ketua DPR RI, Puan Maharani, Bendahara Umum DPP PDIP Olly Dondokambey dan Ketua DPP PDIP bidang Hukum, Yasonna Laoly.

Selepas pertemuan, Puan Maharani menyampaikan bahwa Megawati dengan Paus Fransiskus berdialog banyak soal toleransi dan perubahan iklim selama kurang lebih 15 menit.

Setelah itu, Megawati mendapat hadiah dua buah buku dari Paus Fransiskus.

“Kami tadi diberikan buku. Dua buku oleh Paus Fransiskus yang mana di dalam buku itu Paus terkait global warming,” kata Puan Maharani.

Baca Juga  Timnas Indonesia Vs Jepang: Hajime Moriyasu Pastikan Tomiyasu Cs Fokus Penuh Hadapi Pasukan Garuda

Puan menyebut, buku karya Paus Fransiskus itu sangat luar biasa. Pasalnya, dia mengulas bahwa buku itu tak secara langsung mengajarkan nilai-nilai Pancasila.

Namun, di dalamnya berisi implementasi langsung dari nilai-nilai yang ada di Pancasila.

Baca juga: Paus Fransiskus Serukan Perdamaian di Israel dan Palestina: Perang Tak Berujung Pada Solusi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *