Tekan Harga Pangan Jelang Nataru, Heru Budi Gelar Panen Bersama hingga Luncurkan Pangan Murah

Apartemen244 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta memastikan ketersediaan dan stabilitas harga pangan akan terjaga dengan baik saat libur Natal dan Tahun Baru 2024.

Hal ini dilakukan secara sinergi dengan berbagai daerah untuk memenuhi kebutuhan pangan di Jakarta.

Saat berdiskusi dengan sesama kepala daerah, Pj. Gubernur Heru menyampaikan, upaya panen bersama ini dilakukan untuk memastikan harga cabai bisa dikendalikan.

Kata Heru, panen cabai dilakukan juga di 345 lokasi di seluruh wilayah DKI Jakarta dengan volume sekitar 10,2 ton.

“Kami laporkan, setelah melakukan panen ini, kami juga akan mengunjungi Pasar (Induk Kramat Jati) untuk mengoperasikan hasil panen. Kami memantau harga cabai di Jakarta yang saat ini sudah mulai ada penurunan, tapi masih di harga Rp 90.000-an, dan hari ini DKI Jakarta melakukan panen bersama di 345 lokasi,” kata Heru.

Baca juga: Jakarta Barometer Sebut Bawaslu Gagal Paham Kasih Imbauan ke Heru Soal Aktivitas Gibran di CFD

Hal itu dikatakan Heru saat melakukan panen cabai serentak dengan Kelompok Tani Pingggir Bumi (KTPB), di Buperta Cibubur, Cipayung, Jakarta Timur pada Rabu (20/12/203).

Panen cabai tersebut turut disaksikan secara hybrid bersama Provinsi Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Sulawesi Selatan yang merupakan mitra kerja sama Pemprov DKI dalam hal pengembangan potensi daerah. 

Heru mengimbau kepada jajarannya di seluruh wilayah administratif agar terus bersinergi dalam menjaga stabilitas harga pangan.

Dengan demikian, warga Jakarta akan terjamin ketersediaan pangannya jelang Nataru.

“Kepada seluruh Wali Kota dan Bupati yang hadir dalam kegiatan panen massal ini, saya mengucapkan selamat (memanen). Kita akan panen dan mudah-mudahan ketahanan pangan terus stabil dan berkelanjutan,” ungkap Heru.

Baca Juga  Ada 239 Peserta yang Bakal Menyoblos di TPS Khusus Ponpes Asshiddiqiyah, Begini Skemanya

Baca juga: Heru Ingatkan Oknum Masyarakat Tak Kompori Warga untuk Huni Kampung Susun Bayam

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP Suharini Eliawati menjelaskan, kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan Pj Gubernur DKI dengan Pj Gubernur Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah.

Dalam perkembangannya, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Sulawesi Selatan ikut serta mendukung pengendalian harga dan pemenuhan kebutuhan pangan di Jakarta.

“(Sebagai) bentuk komitmen pimpinan daerah terhadap stok kebutuhan pangan menjelang Nataru, hari ini semuanya setelah panen langsung ke pasar untuk melakukan peninjauan terhadap stok dan harga. Terakhir adalah melakukan pangan murah serentak,” kata Suharini.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *