Relawan ABJ Ngaku Bertemu Jokowi di Bali, Ray Rangkuti Pertanyakan Netralitasnya di Pemilu 2024

Apartemen309 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM JAKARTA — Presiden Joko Widodo menemui relawan pendukungnya yang tergabung dalam Arus Bawah Jokowi (ABJ) di sela-sela kunjungan kerja di Bali, Selasa (31/10/2023).

Menanggapi hal itu, Pengamat politik sekaligus Direktur Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti menilai sinyal netralitas orang nomor satu di Tanah Air itu di Pemilu 2024 patut dipertanyakan.

“Tidak perlu berbilang tahun, bulan atau minggu untuk melihat apakah Pak Jokowi dapat bersikap netral atau tidak dalam pilpres 2024 yang akan datang, mulai goyah,” ucap Ray kepada Wartakotalive.com, Rabu (1/11/2023).

“Mengapa? pertama kunjungan presiden ke Bali merupakan kunjungan resmi kenegaraan. Maka sudah jelas, semua kegiatan yang tidak berhubungan langsung dengan aktivitas kenegaraan tidak dapat dibenarkan,” imbuhnya.

Dia menilai, pertemuan Jokowi dengan relawannya di Bali  tentunya tidak tepat terlebih saat dinamika politik sedang memanas.

“Demi dan alasan apapun, hal itu kurang dapat dibenarkan. Mengapa karena di dalamnya tentu ada pembicaraan soal politik nasional. Di mana saat ini, presiden Jokowi berhubungan langsung secara emosional dengan perhelatan ini. Yakni majunya Gibran sebagai cawapres,” ucapnya.

Kenyataannya, kata dia, relawan Jokowi sudah menyatakan mendukung pasangan Prabowo-Gibran.

“Maka apakah pertemuan itu karena mereka relawan Jokowi atau karena mereka adalah pendukung Prabowo-Gibran,” jelasnya.

Ray berharap agar sikap netral Presiden tersebut tidak hanya berhenti di meja makan.

“Tapi benar-benar terlihat di dalam tindakan sehari-hari. Amat penting bagi bangsa ini menjaga agar presiden benar-benar dapat bersikap netral,” jelasnya.

“Sebab sukses pemilu/pilpres bukan saja karena aturan dijalankan, tapi juga tergantung pada kepercayaan masyarakat atas prosesnya. Mengelola pemilu/pilpres itu berdasar kepercayaan. Bila masyarakat memiliki keraguan atas prosesnya, hal itu bisa mengundang delegitimasi atas hasilnya,” tutupnya.(m27)

Baca Juga  Mutia Ayu Menangis Ingat Mendiang Glenn Fredly hingga Ungkapkan Kerinduan pada Mendiang Suaminya

 

 
 
 
 
 



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *