Kembalikan Kedaulatan Pangan, Anies Ingin Bawa Indonesia Jadi Lumbung Padi Asia

Apartemen252 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM, PEKALONGAN – Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan berjanji akan mengembalikan kedaulatan pangan saat menjadi Presiden Republik Indonesia pada 2024. Hal itu kata dia sebagai kelanjutan dari program ketahanan pangan.

 

“Dan itu artinya peningkatan produksi pangan di dalam negeri, intensifikasi di hulu, kemudian perbaikan tata niaga di tengah, dan di hilir adalah transparansi harga beras,” kata Anies saat bertemu kelompok tani di Pekalongan, Jawa Tengah, Minggu, 24 Desember 2023.

 

Transparansi harga di sini kata Anies yaitu informasi harga beras dan pasar-pasar induk sampai pasar komunitas informasinya diketahui semua.

Harga komoditas di sentra-sentra produksi dengan pasar induk diketahui. Hal ini kata Anies adalah satu cara untuk meningkatkan produksi di dalam negeri. 

 

“Ketika terjadi pengurangan produksi global kita punya stok yang cukup,” ujar dia.

 

Anies menjelaskan pada akhirnya Indonesia akan mengejar kembali swasembada dan menjadi lambung padi di Asia dengan kekuatan yang dimiliki.

 

Anies berharap bisa mengembalikan tata niaga dengan memperbaikinya. “Secara umum Indonesia mempunyai potensi untuk menjadi lumbung padi di Asia,” tandasnya. (****)

 

Baca Berita WARTAKOTALIVE.COM lainnya di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  Bazar Sembako Murah hingga Mudik Asyik Hiasi Program JIEP Berbagi Berkah Ramadan 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *