Desak Anies di Gorontalo, Anies Baswedan Kritik Food Estate, Ungkap Keunggulan Pola Contract Farming

Apartemen282 Dilihat

WARTAKOTALIVE.COM – Capres nomor urut 1, Anies Rasyid Baswedan menilai program Contract Farming yang diusungnya lebih baik dibanding Food Estate.

“Contract farming itu kontak pembelian hasil panen. Kita di Jakarta membuat sebuah kerjasama dengan kelompok-kelompok tani agar produk pertanian mereka dibeli dan selama 5 tahun dan disepakati harganya,” kata Anies Baswedan di acara Desak Anies di Asmara Garden, Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Kata Anies Baswedan, keunggulan Contract Farming ini juga ada untuk plafon bawah dan atas sehingga memiliki kepastian untuk petani dan pembeli.

“Pola seperti ini yang akan kita lakukan, bukan dengan food estate yang dalam kenyataannya membuka lahan baru, punya dampak lingkungan sementara bibit yang ditanam tidak bisa tumbuh, uang negara dialokasikan dan tidak kembali dengan optimal,” tutur Anies Baswedan.

Baca juga: Solusi Kartu Tani Menurut Anies Baswedan: Petani Bisa Ambil Pupuk di Mana dan Kapan Saja

“Jadi kami percaya dengan pola contract farming ini Insya Allah bisa dilakukan di Gorontalo sehingga petani di sini memiliki rasa tenang atas produk pertaniannya,” tambah Anies Baswedan.

Anies Baswedan juga turut menjelaskan mengenai kebijakan untuk Kartu Tani.

“Ketika bertemu dengan petani di manapun, masalahnya di mana-mana adalah pupuk. Bagi kami, ini sesuatu yang aneh. Kenapa?”

“Jumlah lahan yang perlu pupuk itu jelas, bertahun-tahun itu tidak berubah,” kata Anies Baswedan di acara Desak Anies di Asmara Garden, Gorontalo, Senin (8/1/2024).

Menurutnya, jumah produksi semua komoditas juga seharusnya jelas serta pasarnya yang jelas, rumah tangga itu membutuhkan.

“Sesuatu yang seharusnya memiliki pasokan yang stabil dan di sinilah kami melihat perlu ada regulasi yang lebih sederhana. Termasuk kartu tani itu dari yang disampai para petani malah merepotkan,” tukasnya.

Baca Juga  Polsek Mampang Buka Layanan Penitipan Motor Bagi Warga yang Mudik, Cek Syarat dan Jadwalnya!

“Karena itu kami akan tidak menggunakan kartu tani lagi. Kami buat sederhana, petani butuh pupuk tinggal datang ke tempat kita akan siapkan lewat koperasi, warung dan bisa diambil sesuai kebutuhannya serta kapan saja,” pungkasnya.

Menuju Indonesia Lebih Baik

Anies Baswedan yang merupakan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini mengungkapkan alasan memilih Gorontalo sebagai tempat kampanyenya.

Padahal, kata Anies Baswedan Gorontalo merupakan salah satu wilayah dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tidak terlalu banyak untuk Pemilu 2024 yakni hanya 881.206 pemilih.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *